Ads 468x60px

Minggu, 17 November 2013

BUDI PEKERTI PENTING BAGI ANAK MULAI USIA DINI

Tangerang Selatan (MTS) Materi yang paling penting diberikan pada anak usia dini adalah pendidikan budi pekertibentuknya bukan mata pelajaran melainkan melalui agama dan lngkungan alm sekitar kita dapat digunakan untuk menanamkan nilai, harkat dan martabat kemanusiaan, moral, watak dan akhirnya pembentukan manusia yang berkepribadian.
pendidikan budi pekerti bertujuan untuk mengatur hidup manusia pendidikan budi pekerti dapat membentuk moral yang berisi adat istiadat, sopan, santun prilaku yang akhirnya merupakan sikap “sikap itu terhadap tuhan, sesama manusia, keluarga, masyarakat, bangsa dan alam sekitar.
sikap ini harap sudah ditanamkan pada anak-anak mulai dari usia dini, waktu pun sangat sederhana dan perlu dibebaskan  sejak dilingkungan  keluarga pelaksanaannya perlu disesuaikan dengan tigkat perkembangan anak dan jangan sampai anak merasa bahwa sedang dibentuk sikapnya, melalui pendidikan budi pekerti manusia akan terbentuk moralnya, pribadinya, karakternya, termasuk kepemimpinannya, tidak korupsi, memikirkan kepentingan bangsa dan negara, mempunyai toleransi, mengoptimalkan fungsi cipta rasa dan karsa “ini semua jika berhasil akan mendapatkan manusia yang berkarakter, berbudi pekerti dan beraklak mulia inilah calon pemimpin bangsa dimasa mendatang”.
anak diusia dini memang peranan penting dalam fundamental dalam menyiapkan sumber daya manusia (SDM) Indonesia karena anak usia dini merupakan masa keemasan (GOLDEN AGE) dan tahapan yang sangat penting dalam tumbuh kembang anak selanjutnya “Artinya perkemba-ngan anak usia dini sangat menentukan tingkat kualitas kesehatan intelegensi kematangan emosional dan produktivitas manusia pada tahap selanjutnya selain itu diperlukan suatu lingkungan yang dapat mempengaruhi dan mendukung agar anak dapat berkembang dengan baik, kondisi lngkungan seperti ini lah para pendidik dituntut memiliki kompetensi untuk menyiapkan suatu lingkungan yang dapat memunculkan keinginan anak untuk mempelajari banyak hal.
kompetensi seorang pendidik diperoleh melalui pendidikan dan pelatihan sehingga dapat melahirkan SDM yang berkualitas dan diharapkan mampu bersaing ada tiga kompetensi yang harus dimiliki pertama kompetensi kepriadian, kemampuan personal mencerminkan kepibadian meliputi : berskap dan berprilaku sesuai dengan dengan kebutuhan psikologi anak bersi-kap dan berprilaku sesuai dengan norma agama, budaya dan keyakinan anak menampilkan diri sebagai pribadi yang berbudi pekerti luhur. Kedua kompetensi propesional  yang harus dimiliki seorang guru agar ia dapat melaksanakan tugas mengajarnya dengan berhasil teridri dari memahami tahapan perkembangan anak, memahami pemberian rangsangan pendidikan, pengasuhan dan perlindungan membangun  kerjasama dengan orang tua dalam pendidikan pengasuhan dan perlindungan. ketiga kompetensi pendidik memiliki makna kemampuan seorang guru dalam mengelola proses pembelajaran yang berhubungan dengan peserta didik merencanakan kegiatan program pendidikan, pengasuhan dan perlindungan melaksanakan penilaian terhadap poses dan hasil pendidikan. (Rohana)

Share

Tidak ada komentar:

Posting Komentar